Thursday, June 12, 2008

Sales Rajawali


alkisah pada suatu ketika hiduplah satu keluarga burung merpati yg bahagia terdiri atas sepasang induk dan bbrp ekor anaknya yg masi kecil2, induknya adalah pribadi yg baik bahkan dia telah mengambil anak asuh 2 ekor lagi anak burung yg tersesat, seekor merupakan anak burung pipit seekor lagi anak burung rajawali. mereka tinggal di puncak menara bangunan gereja katedral tua yg cukup tinggi jauh dari hiruk pikuk, kebisingan dan keramaian kota di bawah sana. dengan sabar dan telaten si induk ini memelihara semua "anak anaknya" tanpa pandang bulu dan adil, dgn bertambahnya hari tiba pada saatnya si anak2 burung ini diajarkan terbang dan mandiri. dengan penuh kasih sayang sepasang induk itu mengajarkan anak2nya membentangkan dan mengepakkan sayapnya berkali2 selama beberapa hari untuk melatih otot2nya agar siap pada waktunya. tibalah pada suatu pagi yg cerah dan berhawa sejuk si induk jantan dan betina ini mengajak terbang anak2nya untuk terbang pertama kalinya dan akan mengajarinya mencari makan agar mandiri, kedua induk merpati tsb memberikan contoh dgn terbang duluan dgn anggunnya, selanjutnya yg paling berani pertama kalinya adalah rombongan yg terdiri atas bbrp ekor anak merpati dulu, setelah mengepakkan sayapnya dgn nekat memberanikan melompat huuppps... badan mereka berguling2 di udara untuk beberapa saat sampai seketika timbul keberanian untuk mengepakkan sayapnya melawan tarikan gravitasi, cukup kesulitan dan tidak seimbang untuk beberapa saat namun karena naluri alami mereka akhir dapat menemuka iramam yg tepat dan segera dapat mengejar induknya yg dgn penuh perhatian cuma berputar putar disekitar puncak menara untuk memberikan semangat. hasilnya cukup memuaskan mereka sekarang sdh bisa menikmati penerbangan perdananya, terbang berputar2 dgn riang dgn ketinggian sepandangan mata dari sangkar mereka yg terletak di puncak menara sekitar 60 meter dari permukaan tanah. selanjutnya tiba saatnya di burung pipit yg lucu dan berbadan paling mungil diantara saudara2 nya, setelah mengamati siapa aja yg telah terbang tadi dia menutup mata dan segera melompat haappppssss... tiba2 nalurinya mengepakkan sayapnya ketika badannya mulai terlempar ke tanah, dan dia segera bisa terbang dgn riang pula. namun dia kesulitan terbang setinggi saudara merpatinya karena sayapnya kecil dan tenaganya kurang, maka dia hanya mampu terbang stabil setinggi separuh menara aja sekitar 30 meter dari muka tanah, saat itu sadarlah dia bahwa dia sebenarnya adalah burung pipit yg tdk akan mampu menjadi merpati. setelah diberi contoh oleh 2 kloter saudaranya di anak rajawali ini sdh tidak ragu lagi bahkan ketika kakinya masih menginjak ujung dinding menara dia sdh mengepakkan sayapnya dgn gagah dan semakin cepat sehingga tiba2 badannya terangkat dan dia bisa terbang tinggi diiringi dgn suara kepakan sayap yg sangat mantap bukkkk..bukk bukk bukkkk.... dia terbang makin tinggi dan ternyata begitu sangat tinggi bahkan dia tidak bisa melihat kumpulan keluarganya yg menunggu dibawah sana dgn terbengong bengong melihat kemampuan terbangnya, ternyata dia telah terbang setinggi 600 meter dari permukaan tanah 10 kali lipat kemampuan terbang induknya. di ketinggian itu tenaga yg dibutuhkannya semakin sedikit dgn sedikit kepakan sayap dia sdh melaju dgn jauh karena udara semakin tipis semakinketas sana sehingga dgn mudahnya dia kesana kemari sesuka hati, saat itu sadarlah dia ternyata dia adalah seekor rajawali perkasa yg jauh lebih kuat dari induknya yg merupakan burung merpati. begitu bahagia kedua induk orang tuanya melihat keberhasilan anak2nya telah mandiri dan bisa terbang. selanjutnya setiap hari si anak pipit ini hanya mampu terbang setinggi tinggi 30 meter untuk mencari makan dgn radius yg tidak jauh dari sarangnya adakalanya dia masih tdk memperoleh makanan maka oleh induknya kadangkala masih diberi mendapatkan makanan yg sedikit, si anak2 merpati mampu terbang sejauh orang tuanya dan cukup mencari makan sedangkan di rajawali dgn talentanya ia akan mampu membantu saudaranya yg lain apabila ada kesulitan mencari makan karena dia memiliki jangkauan paling luas akan membantu para keluarganya.
hikmah yg bisa dipelajari adalah seseorang tdk akan pernah sadar bahwa siapa dia sebenarnya kalo dia tidak disadarkan oleh keadaan yg kritis dimana suatu tindakan hasil akhirnya berbeda sangat tipis yg bisa berakibat hidup atau mati (bisa diartikan dgn lebih lugas : menang atau kalah, profit atau loose, on time atau late, kualitas prima atau rata2 dll). kita tidak akan pernah berharap baru mengetahui siapa diri kita sebenarnya ketika berada di kondisi kritis, jati diri kita yg berjiwa rajawali itu muncul. namun alangkah baiknya naluri rajawali ini kita asah bisa dengan berbagai : pelatihan mindset, metal blocking breaking, roleplaying, simulasi krisis dll.

JIWA SALESMANSHIP (KEWIRANIAGAAN, mental penjual yg ngotot & sukses) harus dimiliki oleh seorang ENTREPRENEUR dimana kita selalu harus MENJUAL BARANG / JASA YANG DIHASILKANNYA agar usaha kita terus dapat berjalan bahkan ditingkat lebih jauh lagi kita harus menjual jasa yg tidak nampak dan bersifat virtual.


lebih mendalam lagi kaitan ttg SALESMANSHIP ini ada 3 tingkatan contoh "BANGSA BURUNG" yang dapat dihubungkan dengan DUNIA SALES atau PENJUALAN. Perumpamaannya sangat menarik yg dapat kita jadikan suri tauladan yaitu :


1. SALES PIPIT

karena kemampuannya yg terbatas maka untuk dapat berhasil menjual 1 barang saja dia harus meminta:

> minta disediakan BARANG dengan KUALITAS PALING BAGUS

> HARGA PALING MURAH dibandingkan pesaing, dan diimingi imingi diskon "buy 1 get 1"

> BIAYA IKLAN PALING BANYAK dan kuantitas yg gencar di semua media


2. SALES MERPATI

dengan kemampuannya yg bisa dikatakan rata2 dan banyak pula yang berkualitas baik dalam menjual dia meminta didukung dgn cara :

> BARANG KUALITAS RATA RATA ga masalah asal BARANG TELAH TERSEDIA di gudang dalam jumlah yg melimpah seandainya permintaan pasar bagus dan bisa menjual banyak maka telah cukup tersedia untuk memenuhi semua

> HARGA YANG WAJAR, syukur2 dapat diskon agar penjualan makin meningkat dan melebihi target

> IKLAN SECUKUPNYA asal diberi GIMMICK yg menarik katakan "beli 3 bonus 1", "beli 1 dosen berhadiah payung" dsb


3. SALES RAJAWALI

karena merupakan suatu PRIBADI & FISIK yang UNGGUL dibandingkan semua pesaingnya, memiliki MENTAL STABIL dan SABARdalam mengamati lingkungannya. maka agar berhasil menjual dia akan melakukan inisiatif :

> MENCARI TAHU DULU apa yg diinginkan oleh KONSUMEN

> baru dia menentukan STRATEGI PENJUALAN dan PROMOSI, sehingga dia telah bisa berhasil MELAKUKAN PALING BANYAK PENJUALAN, bahkan ketika barang yg telah dijualnya itu BELUM BERWUJUD

> MELAYANI SEPENUH HATI semua pelanggannya sehingga mereka menjadi PELANGGAN LOYAL yg PUAS dan memberikan TESTIMONI apa yg telah mereka terima ke lebih BANYAK ORANG dan BERANTAI (WOM = Word of Mouth, VIRAL MARKETING)

> bahkan SEBELUM LAUNCHING pun semua barang dagangan dia SUDAH HABIS dan BAHKAN KURANG sehingga diproduksi ulang dgn JUMLAH SEMAKIN BANYAK, KUALITAS MAKIN BAGUS, MASA PRODUKSI YANG LEBIH SINGKAT, HARGA MAKIN MURAH dan NAMA / BRAND si RAJAWALI ini semakin terkenal ke semua kalangan bahkan sebelum dia pernah memasang iklan di satu mediapun.

"the most succesfull person is born but it can be taught"

"seseorang yg paling sukses itu dilahirkan namun bisa diajarkan"

No comments: